Arianda, Diky (2021) STRATEGI GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM PEMBINAAN AKHLAKUL KARIMAH SISWA DI SMP AL-MU’MIN TEGAL ALUR JAKARTA BARAT MELALUI KEGIATAN MUHADHARAH. Diploma thesis, UNUSIA.
DICKY ARIANDA-17130008.pdf
Download (2MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana strategi yang digunakan oleh guru dalam pembinaan akhlakul karimah siswa di SMP AL-MU’MIN Tegal Alur – Jakarta Barat melalui kegiatan Muhadharah, dan untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat pembinaan akhlakul karimah siswa di SMP AL-MU’MIN Tegal Alur – Jakarta Barat melalui kegiatan Muhadharah.
Metode penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Jenis penelitian ini menggunakan penelitian deskriptif. Subjek penelitian ini adalah kepala sekolah, waka kurikulum, waka kesiswaan, guru pendidikan agama Islam , serta obervasi yang dilakukan oleh peneliti. Sumber lain merupakan data sekunder yang dapat berupa pengamatan kegiatan guru dan dokumentasi dari penelitian yang telah dilakukan. Ada beberapa teknik pengumpumpulan data, yaitu observasi, angket, wawancara. Instrumen penelitian yang dipilih oleh peneliti ada dua yaitu observasi dan wawancara. Dalam penelitian ini tekhnik observasi dan wawancara digunakan untuk memperoleh data mengenai bagaimana strategi guru PAI dalam pembinaan akhlakul karimah kepada siswa di SMP Al-Mu’min Tegal Alur Jakarta Barat dan apa saja faktor pendukung dan penghambat guru dalam pembinaan akhlakul karimah siswa di SMP Al-Mu’min Tegal Alur Jakarta Barat.
Penelitian ini menemukan bahwa ada 3 strategi Guru Pendidikan Agama Islam dalam Pembinaan Akhlakul Karimah Siswa di SMP Al-Mu’min Tegal Alur Jakarta Barat Melalui Kegiatan Muhadharah. (1) Pengawasan dan Monitoring (2)Pembiasaan dan Pengamalan (3) Keteladanan. Penelitian ini menemukan faktor pendukung dan penghambat dalam Pembinaan Akhlakul Karimah Siswa di SMP Al-Mu’min Tegal Alur Jakarta Barat Melalui Kegiatan Muhadharah. Faktor pendukung (1)Kebijakan dan Fasilitas sekolah yang sesuai dengan pembinaan akhlak siswa. (2) Antusias yang tinggi dari siswa nya sendiri. Faktor Penghambat (1)Kendala muncul dari diri siswa sendiri. (2) Siswa kurang tertib dalam pelaksanaan kegiatan muhadharah.
Penelitian ini menyimpulkan bahwa pembinaan akhlak siswa bukanlah hal yang mudah untuk dilaksanakan, hal tersebut membutuhkan usaha dalam mewujudkannya. Dari beberapa faktor penghambat yang telah peniliti jelaskan sebelumnya, guru memiliki solusi untuk mengatasi hal tersebut, berikut solusi yang diambil oleh guru SMP Al-Mu’min Tegal Alur Jakarta Barat dalam menghadapi kendala-kendala tersebut yaitu (1) Memberikan teguran secara langsung kepada siswa yang melanggar (2) Mengadakan pertemuan bersama wali murid (3) Pengawasan langsung dan absensi setiap kegiatan muhadharah.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Strategi, Akhlakul Karimah, Muhadharah |
Subjects: | 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 370 Pendidikan |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > S1 Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Unnamed user with email anasghozali@unusia.ac.id |
Date Deposited: | 19 Sep 2023 08:49 |
Last Modified: | 19 Sep 2023 08:49 |
URI: | https://repository.unusia.ac.id/id/eprint/355 |