STRATEGI GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM PEMBELAJARAN DARING DI MASA PANDEMI COVID-19 PADA SISWA KELAS XI SMK MARDHIKA JAKARTA

Adjie, Bagas Rahmantyo (2021) STRATEGI GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM PEMBELAJARAN DARING DI MASA PANDEMI COVID-19 PADA SISWA KELAS XI SMK MARDHIKA JAKARTA. Diploma thesis, UNUSIA.

[thumbnail of BAGAS RAHMANTYO ADJIE-17130031.pdf] Text
BAGAS RAHMANTYO ADJIE-17130031.pdf

Download (3MB)
Official URL: https://unusia.ac.id/

Abstract

Tujuan dari Penelitian ini adalah untuk : (1) Mengetahui Strategi Guru PAI dalam pembelajaran daring di masa pandemi covid-19 pada siswa kelas XI OTKP 1 di SMK Mardhika Jakarta. (2) Mengetahui aktivitas belajar peserta didik di masa pandemi covid-19 pada siswa kelas XI OTKP 1 di SMK Mardhika Jakarta. (3) Mengetahui kendala yang dihadapi guru dalam melakukan pembelajaran di masa pandemi covid-19 pada siswa kelas XI OTKP 1 di SMK Mardhika Jakarta. (4) Mengetahui kendala yang dihadapi siswa kelas XI OTKP 1 dalam mengikuti proses pembelajaran pada masa pandemi covid-19 di SMK Mardhika Jakarta.

Metode penelitian ini menggunakan Kualitatif deskriptif . Oleh karena itu, penelitian ini mendeskripsikan atau menggambarkan fenomena-fenomena dan kejadian situasi yang ada dilapangan.

Hasil Penelitian ini menunjukan bahwa : (1) Guru PAI SMK Mardhika telah menerapkan strategi pembelajaran jarak jauh dengan seperti mempersiapkan langkah-langkah pembelajaran, perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi. (2) Aktivitas belajar siswa kelas XI selama pembelajaran jarak jauh seperti mengerjakan tugas, telah mengikuti pembelajaran jarak jauh, menggunakan handphone selama belajar dirumah, membaca buku , belajar didampingi oleh orang tua dan belajar secara mandiri. (3) kendala yang dihadapi guru PAI selama pembelajaran jarak jauh adalah sinyal atau jaringan kurang stabil, ketika pembelajaran melalui Google Meet suara sering tidak terdengar dan siswa masih ada yang tidak mengerjakan tugas. (4) kendala yang dihadapi siswa kelas XI OTKP 1 selama belajar dirumah adalah jaringan kurang memadai, sulit menerima materi pelajaran, kurangnya komunikasi antar guru, dan siswa merasa jenuh ataupun bosan selama belajar dirumah.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Strategi, Guru PAI, Aktivitas Belajar, Kendala Guru, Kendala Siswa
Subjects: 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > S1 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Unnamed user with email anasghozali@unusia.ac.id
Date Deposited: 19 Sep 2023 08:27
Last Modified: 19 Sep 2023 08:27
URI: https://repository.unusia.ac.id/id/eprint/353

Actions (login required)

View Item
View Item