KONSEP TASAWUF ABOEBAKAR ATJEH DAN RELEVANSINYA TERHADAP PENDIDIKAN AGAMA ISLAM

Wardah, Atika (2021) KONSEP TASAWUF ABOEBAKAR ATJEH DAN RELEVANSINYA TERHADAP PENDIDIKAN AGAMA ISLAM. Diploma thesis, UNUSIA.

[thumbnail of Atika Wardah-16130098.pdf] Text
Atika Wardah-16130098.pdf

Download (1MB)
Official URL: https://unusia.ac.id/

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Konsep Tasawuf Prof. Dr. H. Aboebakar Atjeh dan Relevansinya Terhadap Pendidikan Agama Islam.

Metode peneitian yang digunakan adalah kualitatif bersifat deskriptif, dengan jenis penelitian kepustakaan (library research) dan pendekatan historis-filosofis. penulis menggunakan buku-buku karya Aboebakar Atjeh sendiri sebagai sumber primer. Sedangkan untuk sumber sekunder, penulis menggunakan jurnal dan buku-buku tulisan orang lain yang membahas tentang pendidikan dan tasawuf.

Penelitian ini menyimpulkan bahwa tasawuf merupakan salah satu hal yang ada dalam ajaran keislaman. Tasawuf juga merupakan salah satu ilmu untuk mendekatan seorang muslim terhadap Tuhannya. Hal yang dilakukan seseorang ketika belajar ilmu tasawuf adalah memusatkan pikiran untuk senantiasa mendekatkan diri kepada Allah SWT dengan melakukan pembersihan jiwa dengan segala kehati-hatian dalam hubungan antara manusia dan Allah SWT. Juga dapat disimpulkan bahwa Konsep tasawuf Aboebakar Atjeh yang meliputi:
1. Taqarrub
2. Tazkiya al- nufus
3. Pengalaman sejati (Pengetahuan Kasyfy/intuitif)
4. Tariqul mujahaidat wa ruku bil ahwal

Sangat relevan dengan Pendidikan Islam khusunya yang ada di Indonesia. Untuk
itu konsep tasawuf Aboebakar Atjeh bisa dijadikan acuan dan referensi dalam
mempelajari ilmu tasawuf dalam Pendidikan Agama Islam.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Aboebakar Atjeh, pendidikan Islam, Tasawuf
Subjects: 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > S1 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Unnamed user with email anasghozali@unusia.ac.id
Date Deposited: 19 Sep 2023 08:17
Last Modified: 19 Sep 2023 08:17
URI: https://repository.unusia.ac.id/id/eprint/352

Actions (login required)

View Item
View Item