Saefudin, Arif (2021) PENDIDIKAN KARAKTER DALAM PERSPEKTIF KH. WAHID HASYIM. Diploma thesis, UNUSIA.
Arif Saefudin-16130008.pdf
Download (1MB)
Abstract
Latar belakang dari penelitian ini adalah peneliti tertarik mengetahui bagaimana pendidikan karakter menurut tokoh yang sukses melakukan pembaruan di dunia pendidikan pesantren, yakni KH. Wahid Hasyim. Kemudian manfaat dari penelitian ini untuk memberikan bahan referensi terkait pendidikan karakter. Seperti yang diketahui, pendidikan karakter merupakan poin penting yang perlu diperhatikan guna menciptakan generasi bangsa yang baik.
Metode penelitian ini menggunakan metode penelitian library research, dimana penulis menggunakan pendapat ahli yang berkaitan dengan penelitian. Adapun metode pengumpulan data yang digunakan peneliti adalah metode dokumentasi. Sumber data dalam penelitian ini adalah buku-buku yang berkaitan dengan pendidikan karakter KH. Wahid Hasyim. Teknik analisis data yang digunakan peneliti menggunakan teknik analisis isi (content analysis).
Hasil penelitian yang peneliti temukan terkait pendidikan karakter dalam perspektif KH. Wahid Hasyim adalah terdapat 8 nilai yang berusaha ditanamkan yaitu: religius, toleransi, mandiri, demokratis, semangat kebangsaan, cinta tanah air, bersahabat/komunikatif, dan gemar membaca. Dalam proses penanaman karakter tersebut, KH. Wahid Hasyim menggunakan strategi keteladanan nilai yaitu dengan memberikan teladan kepada anak didiknya. Pemikiran pendidikan karakter KH. Wahid Hasyim relevan dengan tujuan pendidikan karakter saat ini. Yakni dengan membangun kehidupan berbangsa yang multikultural, membangun peradaban bangsa yang cerdas, berbudi luhur, dan mampu berkontribusi terhadap pengembangan kehidupan umat manusia.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pendidikan Karakter, KH. Wahid Hasyim |
Subjects: | 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 370 Pendidikan |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > S1 Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Unnamed user with email anasghozali@unusia.ac.id |
Date Deposited: | 18 Sep 2023 06:00 |
Last Modified: | 18 Sep 2023 06:00 |
URI: | https://repository.unusia.ac.id/id/eprint/351 |