IMPLEMENTASI PENDIDIKAN MULTIKULTURAL MELALUI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMAN 33 JAKARTA

suhendra, Andri (2021) IMPLEMENTASI PENDIDIKAN MULTIKULTURAL MELALUI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMAN 33 JAKARTA. Diploma thesis, UNUSIA.

[thumbnail of ANDRI SUHENDRA-15130110.pdf] Text
ANDRI SUHENDRA-15130110.pdf

Download (7MB)
Official URL: https://unusia.ac.id/

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Mengetahui konsep implementasi pendidikan multikultural melalui pendidikan agama Islam di SMAN 33 Jakarta. (2) Mengetahui gambaran implementasi pendidikan multikultural melalui pendidikan agama Islam di SMAN 33 Jakarta.

Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif. Populasi penelitian adalah peserta didik SMAN 33 Jakarta. Populasi penelitian ini adalah peserta didik peserta didik SMAN 33 Jakarta yang beragama Islam di kelas X dan XI . Dengan pengambilan sampel penelitian sebanyak 254 peserta didik diambil secara acak sederhana dari populasi 787 peserta didik. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah instrumen yang dikembangkan sendiri yaitu observasi, wawancara atau interview sebanyak 25 butir pertanyaan yang ditujukan kepada lima koresponden dan angket tertutup kepada peserta didik SMAN 33 Jakarta prestasi belajar mata pelajaran agama Islam peserta didik terdiri atas 11 butir soal pernyataan sikap sebagai cerminan pemahaman.

Penelitian menemukan bahwa: (1). Konsep pendidikan multikultural melalui pendidikan agama Islam di SMAN 33 diterapkan di dalam kegiatan belajar dan mengajar pada lingkungan sekolah tersebut, hal ini sesuai dengan visi dan misi SMAN 33 Jakarta yaitu cerdas, berkarakter, dan berwawasan lingkungan. (2). Gambaran implementasi pendidikan multikultural melalui pendidikan agama Islam di SMAN 33 dilakukan secara terus menerus dalam kegiatan belajar mengajar SMAN 33 Jakarta.

Penelitian ini menyimpulkan bahwa: (1).Konsep pendidikan multikultural melalui pendidikan agama Islam di SMAN 33 diterapkan di dalam kegiatan belajar dan mengajar pada lingkungan sekolah tersebut, hal ini sesuai dengan visi dan misi SMAN 33 Jakarta yaitu cerdas, berkarakter, dan berwawasan lingkungan. (2). Gambaran implementasi pendidikan multikultural melalui pendidikan agama Islam di SMAN 33 dilakukan secara terus menerus dalam kegiatan belajar mengajar SMAN 33 Jakarta oleh seluruh komponen warga sekolah SMAN 33 Jakarta dalam membentuk karakter peserta didik yang bermuatan pendidikan multikultural melalui pendidikan agama Islam seperti materi pelajaran PAI yang sudah disampaikan kepada peserta didik yang diimplementasikan oleh mereka

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Implementasi Pendidikan Multikultural, Pendidikan Agama Islam
Subjects: 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > S1 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Unnamed user with email anasghozali@unusia.ac.id
Date Deposited: 18 Sep 2023 05:34
Last Modified: 18 Sep 2023 05:34
URI: https://repository.unusia.ac.id/id/eprint/348

Actions (login required)

View Item
View Item