EFEK PEMBELAJARAN DARING PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI MASA PANDEMI COVID-19 (Studi Kasus di Kelas IX SMP YAPIS Jakarta)

Sahal, Ahmad Abdul Aziz (2021) EFEK PEMBELAJARAN DARING PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI MASA PANDEMI COVID-19 (Studi Kasus di Kelas IX SMP YAPIS Jakarta). Diploma thesis, UNUSIA.

[thumbnail of Ahmad Abdul Azis Sahal-17130001.pdf] Text
Ahmad Abdul Azis Sahal-17130001.pdf

Download (3MB)
Official URL: https://unusia.ac.id/

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui persiapan pembelajaran daring pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam kelas IX di SMP YAPIS Jakarta, proses pembelajaran daring pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam kelas IX di SMP YAPIS Jakarta, dan efek terhadap proses belajar pada pembelajaran daring pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam kelas IX di SMP YAPIS Jakarta.

Metodologi dalam penelitian ini memakai metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif.penelitian ini mengambil latar belakang di SMP YAPIS Jakarta. Subjek dalam penelitian ini adalah Kepala Sekolah, Guru Pendidikan Agama Islam dan peserta didik SMP YAPIS Jakarta. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Keabsahan data menggunakan triangulasi, baik sumber maupun teknik. Analisis data dilakukan dengan pengumpulan data, penyajian data, dan penerikan kesimpulan atau verifikasi.

Hasil penelitin menunjukan bahwa (1) Persiapan pembelajaran daring Pendidikan Agama Islam kelas IX di SMP YAPIS Jakarta meliputi Guru menyiapkan materi kesesuaian dengan kurikulum 2013 dan RPP daring, menggunakan metode ceramah dan penugasan saat pembelajaran berlangsung, media yang digunakan yaitu Zoom meeting dan Google Classroom, dan sekolah memberikan fasilitas kepada para guru berupa data seluler. (2) Proses pembelajaran daring di SMP YAPIS Jakarta tentu saja menyesuaikan dengan tujuan pembelajaran daring yang mengharuskan pembelajaran dilakukan dari rumah, ketika pembelajaran daring berlangsung guru menyampaikan materi dengan jelas dan lugas, evaluasi tes yang di tugaskan guru kepada siswa berupa penilaian harian, penilaian tengah semester dan mengisi tugas di LKS. Hasil evaluasi peserta didik meliputi kognitif, afektif dan psikomotorik. (3) Efek terhadap proses belajar terbagi dua diantaranya efek positif yaitu Memperkenalkan sistem pembelajaran di masa pandemi covid-19 kepada siswa lewat pembelajaran daring, Mengajarkan disiplin terhadap waktu, Kemandirian siswa ketika mencari informasi, Bisa berkembang dan menumbuhkan tanggung jawab, Mengasah pola pikir. Efek Negatifnya yaitu, Berkurangnya pemahaman materi, Penjelasan materi menjadi titik ditail, dan Menurunnya semangat belajar

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Efek Pembelajaran, Pendidikan Agama Islam, Covid-19
Subjects: 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > S1 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Unnamed user with email anasghozali@unusia.ac.id
Date Deposited: 18 Sep 2023 04:32
Last Modified: 18 Sep 2023 04:32
URI: https://repository.unusia.ac.id/id/eprint/342

Actions (login required)

View Item
View Item