UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DENGAN MENGGUNAKAN METODE DEMONSTRASI PADA SISWA KELAS VII DI SMPT AL-MURIDIYYAH KEC PASAWAHAN PURWAKARTA

Safei, Abduloh (2021) UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DENGAN MENGGUNAKAN METODE DEMONSTRASI PADA SISWA KELAS VII DI SMPT AL-MURIDIYYAH KEC PASAWAHAN PURWAKARTA. Diploma thesis, UNUSIA.

[thumbnail of Abduloh Safei-131516016.pdf] Text
Abduloh Safei-131516016.pdf

Download (2MB)
Official URL: https://unusia.ac.id/

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh hasil belajar yang diperoleh oleh siswa kelas VII di SMPT Al-Muridiyyah Kec.Pasawahan Purwakarta yang belum maksimal, salah satu faktornya adalah penggunaan metode pembelajaran yang monoton sehingga, siswa merasa bosan, jenuh serta cenderung pasif sehingga tidak mampu memahami materi dengan baik. Penelitiaan ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dengan menggunakan metode demonstrasi Pada Siswa kelas VII di SMPT Al-Muridiyyah Kec Pasawhan Purwakarta.

Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dan menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif yang bertujuan untuk mendeskripsikan penerepan metode Demonstrasi dalam pembelajaran PAI sebagai upaya meningkatkan hasil belajar siswa kelas VII di SMPT Al-Muridiyah. Penelitian ini terdiri dari dua siklus masing-masing siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi.

Hasil penelitian ini menunjukan bahwa : Metode Demonstrasi dapat meningktkan Hasil Belajar mata pelajaran Pendidikan Agama Islam pada siswa kelas VII di SMPT Al-Muridiyyah. Hal ini terlihat dari 36 siswa paada saat pretes (sebelum dilakukan tindakan) yang nilainya telah mencapai KKM sebanyak 15 siswa atau 42% namun setelah dilakukan tindakan menggunakan Metode Demonstrasi pada siklus I jumlah siswa yang nilainya telah mencapai KKM meingkat menjadi 23 siswa atau 64% dan pada siklus II jumlah siswa yang telah mencapai KKM meningkat menjadi 31 siswa atau 86%. Dengan demikian milai rata-rata siswapun menjadi meningkat dari sebelum menggunakan Metode Demonstrasi sebesaar 71 pada siklus I menjadi 76 dan pada siklus II menjadi 81.

Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa penerapan metode Demonstrasi dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas VII di SMPT Al�Muridiyah kec.Pasawahan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Hasil Belajar, Metode Demonstrasi, dan Pendidkan Agama Islam (PAI)
Subjects: 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > S1 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Unnamed user with email anasghozali@unusia.ac.id
Date Deposited: 18 Sep 2023 04:21
Last Modified: 18 Sep 2023 04:21
URI: https://repository.unusia.ac.id/id/eprint/341

Actions (login required)

View Item
View Item