PERAN EKSTRAKURIKULER WAJIB IQRA TERHADAP PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMBACA AL-QUR’AN SISWA KLS X TAHUN PELAJARAN 2019/2020 (STUDI KASUS DI SMK AL BADAR CIPULUS)

Apip, Abdul (2021) PERAN EKSTRAKURIKULER WAJIB IQRA TERHADAP PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMBACA AL-QUR’AN SISWA KLS X TAHUN PELAJARAN 2019/2020 (STUDI KASUS DI SMK AL BADAR CIPULUS). Diploma thesis, UNUSIA.

[thumbnail of Abdul Apip-111314015.pdf] Text
Abdul Apip-111314015.pdf

Download (1MB)
Official URL: https://unusia.ac.id/

Abstract

Penelitian dalam skripsi ini dilatarbelakangi oleh banyaknya siswa yang belum bisa membaca al-Qur’an, padahal al-qur’an merupakan kitab suci umat Islam yang wajib dibaca dan dipelajari. Mempelajari al-Qur’an dan mengajarkannya adalah bagian dari keutamaan menjadi seorang mukmin. Untuk dapat membaca al-Qur’an dengan baik dan benar maka perlu menempuh proses pendidikan. Karena pendidikan merupakan aspek kehidupan manusia yang peranannya sangat penting. Melalui proses pendidikan seseorang diarahkan dan dibimbing untuk dapat menghadapikehidupan ini dengan sebaik-baiknya. Skripsi ini bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan ekstrakurikuler wajib iqra terhadap peningkatan kemampuan membaca al-qur’an siswa kls X tahun pelajaran 2019/2020 di SMK Al Badar Cipulus.

Penelitian yang dilakukan oleh penulis ini termasuk penelitian deskripstif kualitatif. Adapun teknik pengumpulan data yang penulis lakukan yaitu teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Adapun untuk analisis yang penulis gunakan dengan cara teknik analasis deskriptif kualitatif, yaitu data berupa tulisan atau dari lisan orang yang diwawancarai, dan penelitian langsung ke tempat lokasi penelitian, sehingga dapat diperoleh data yang menggambarkan secara menyeluruh keadaan yang sebenarnya.

Hasil penelitian di SMK Al Badar Cipulus diperoleh kemampuan baca tulis al-qur’an di SMK Al Badar Cipulus dipengaruhi oleh faktor eksternal dan internal yang terdiri atas fisiologis, intelektual, lingkungandan psikologis. Peran ekstrakurikuler wajib iqra’ pada siswa SMK Al Badar Cipulus mempunyai peran yaitu untuk meningkatkan hasil belajar siswa bidang studi pendidikan agama Islam, apabila siswa tidak aktif mengikuti kegiatan ekstrakurikuler baca tulis al-Qur’an maka hasil belajar siswa kurang baik.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Ekstrakurikuler, Wajib Iqra, Kemampuan Membaca Al-Qur’an
Subjects: 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > S1 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Unnamed user with email anasghozali@unusia.ac.id
Date Deposited: 18 Sep 2023 04:13
Last Modified: 18 Sep 2023 04:13
URI: https://repository.unusia.ac.id/id/eprint/340

Actions (login required)

View Item
View Item