Salamah, Ummi (2021) KONSEP HIDDEN CURRICULUM PADA PEMBELAJARAN PAI DALAM MEMBENTUK KARAKTER PESERTA DIDIK KELAS VII (Studi Kasus SMP Islam Tambora Jakarta Barat). Diploma thesis, UNUSIA.
Ummi Salamah-15130170.pdf
Download (2MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) penerapan hidden curriculum pada pembelajaran PAI dalam membentuk karakter peserta didik kelas VII di SMPI Tambora Jakarta Barat; (2) implikasi penerapan hidden curriculum pada pembelajaran PAI dalam membentuk karakter peserta didik kelas VII di SMPI Tambora Jakarta Barat
Pembahasan skripsi ini berdasarkan penelitian lapangan (field research) yang bertujuan untuk mendapatkan data atau informasi, baik berupa hasil wawancara, observasi dan dokumentasi yang berkaitan dengan variabel penelitian. Field research dilakukan dengan cara terjun langsung kelapangan demi memperoleh data yang valid agar kebenarannya dapat dipertanggung jawabkan. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi wawancara, dan dokumentasi. Adapun teknik pengolahan dan analisis data melalui tiga tahap, yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan dalam penelitian ini dapat disimpulkan bahwa penerapan hidden curriculum di SMP Islam Tambora adalah hidden curriculum yang berupa kegiatan-kegiatan yang menekankan pada aspek sikap sosial dan sikap spiritual. Di mana kegiatan-kegiatan tersebut mengandung hidden curriculum di bidang PAI sesuai dengan tujuan PAI itu sendiri. Adapun kegiatan-kegiatan tersebut antara lain: doa sebelum belajar dan pembacaan Asmaul Husna, Mengedepankan budaya mushafahah dan ucapan salam saat berjumpa, Shalat Ashar berjamaah, Khitobah, Pesantren Ramadhan, Infaq, Peringatan Hari Besar Islam, Ekstrakurikuler Keagamaan. Langkah ini merupakan langkah yang tepat digunakan Pendidikan untuk menutupi kekurangan pada kurikulum PAI yang selama ini bersifat teori saja. Implikasi dari adanya hidden curriculum PAI ini adalah merupakan reaksi yang dihasilkan dari peserta didik. Dengan adanya hidden curriculum ini, menjadikan peserta didik memiliki akhlak yang baik ini ditunjukan dengan peserta didik yang rajin mengikuti kegiatan hidden curriculum menjadi lebih taat dan patuh
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Hidden Curriculum, Karakter Peserta Didik, Pendidikan Agama Islam |
Subjects: | 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 370 Pendidikan |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > S1 Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Unnamed user with email anasghozali@unusia.ac.id |
Date Deposited: | 18 Sep 2023 04:04 |
Last Modified: | 18 Sep 2023 04:04 |
URI: | https://repository.unusia.ac.id/id/eprint/339 |