Santi, Santi (2021) UPAYA GURU BACA TULIS ALQURAN (BTQ) DALAM MENGATASI KESULITAN MEMBACA ALQURAN (STUDI UPAYA GURU BTQ DI MTS NURUL AMIN DADAP, TANGERANG). Diploma thesis, UNUSIA.
Santi-15130087.pdf
Download (1MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kesulitan belajar siswa pada mata pelajaran BTQ (Baca Tulis Quran) dan mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi kesulitan membaca Alquran, serta upaya yang dilakukan guru dalam mengatasi kesulian belajar sisiwa dalam membaca Alquran.
Penelitian ini menggunakan jenis Penelitian Kualitatif. Metode pengumpulan data ini dilakukan dengan cara observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sumber data atau informasi yang diperoleh dari Kepala sekolah, guru mata pelajaran BTQ dan perwakilan siswa. Metode yang digunakan guru BTQ untuk mengatasi kesulitan belajar pada siswa kelas VIII di MTs Nurul Amin, antara lain yaitu Metode Halaqoh, metode individu, menyimak, dan menghafal.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kesulitan belajar yang dialami siswa/I kelas VIII MTs Nurul Amin dalam belajar membaca Alquran berasal dari individu siswa, keluarga, lingkungan. Sehingga guru berperan aktif menggunakan metode campuran untuk dapat menyesuaikan kemampuan siswa dalam membaca Alquran dengan baik
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | upaya guru, kesulitan belajar, membaca Alquran |
Subjects: | 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 370 Pendidikan |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > S1 Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Unnamed user with email anasghozali@unusia.ac.id |
Date Deposited: | 18 Sep 2023 03:27 |
Last Modified: | 18 Sep 2023 03:27 |
URI: | https://repository.unusia.ac.id/id/eprint/336 |