PENGARUH KOMPETENSI SOSIAL WALI KELAS TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS VIII DI SMP DAARUL MUTTAQIEN 2 PASAR KEMIS TANGERANG

Rahmawati, Rahmawati (2020) PENGARUH KOMPETENSI SOSIAL WALI KELAS TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS VIII DI SMP DAARUL MUTTAQIEN 2 PASAR KEMIS TANGERANG. Diploma thesis, UNUSIA.

[thumbnail of RAHMAWATI-15130163.pdf] Text
RAHMAWATI-15130163.pdf

Download (2MB)

Abstract

Kompetensi sosial berkenaan dengan membangun hubungan dengan peserta didik dan orang-orang lain yang terkait dengan keberhasilan pembelajaran, seperti sesama guru, orangtua/wali peserta didik dan masyarakat sekitar lembaga pendidikan /pembelajaran berada. Kompetensi sosial ini dibebankan kepada wali kelas, berdasarkan tugas dan peran wali kelas yang kompleks.

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh kompetensi wali kelas terhadap motivasi belajar siswa kelas VIII di SMP Daarul Muttaqien 2 Pasar Kemis Tangerang. Metode penelitian yang digunakan adalah metode inferensial kuantitatif dengan teknik analisis regresi linear sederhana. Sampel dalam penenlitian ini berjumlah 40 orang yang diambil menggunakan propotionate startified random sampling siswa kelas VIII A, B, C, dan D di SMP Daarul Muttaqien 2 Pasar Kemis Tangerang dengan pengumpulan data menggunakan angket/kuesioner.

Hasil penelitian ini menunjukan bahwa tingkat kompetensi sosial wali kelas berada dalam ketegori tinggi yaitu sebesar 97,5% dan motivasi belajar siswa kelas VIII berada dalam ketegori tinggi yaitu sebesar 95,1%. Adapun pengaruh variabel bebas (X) terhadap variabel terikat (Y) dibuktikan dengan hasil uji regresi linear sederhana menggunakan software yaitu nilai sig 0,03 < 0,05.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: kompetensi sosial wali kelas, motivasi belajar siswa
Subjects: 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > S1 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Unnamed user with email anasghozali@unusia.ac.id
Date Deposited: 15 Sep 2023 07:04
Last Modified: 15 Sep 2023 07:04
URI: https://repository.unusia.ac.id/id/eprint/333

Actions (login required)

View Item
View Item