PENDIDIKAN AKHLAK DALAM KITAB AL-ADABUL MUFRAD KARYA MUHAMMAD NASHIRUDDIN AL-BANI SERTA RELEVANSINYA DALAM PENDIDIKAN MODERN

Nurhayati, Nurhayati (2020) PENDIDIKAN AKHLAK DALAM KITAB AL-ADABUL MUFRAD KARYA MUHAMMAD NASHIRUDDIN AL-BANI SERTA RELEVANSINYA DALAM PENDIDIKAN MODERN. Diploma thesis, UNUSIA.

[thumbnail of Nurhayati -13130032.pdf] Text
Nurhayati -13130032.pdf

Download (4MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui konsep dan metode Pendidikan akhlak yang ada didalam kitab adab al mufrad yang ditulis oleh Muhammad Nashiruddin Al Banni. Untuk mengetahui Pendidikan akhlak yang diajarkan dalam kitab adab al mufrad. Untuk mengetahui relevansi Pendidikan akhlak dalam kitab adab al mufrad dengan Pendidikan modern.

Dalam penelitian ini penulis menggunakan metode pemaparan deskriprif analisis yang menggunakan teknik analisis kajian melalui studi kepustakaan (Library Research). Menggunakan teknik pengumpulan data dengan menelaah sumber-sumber pustaka yang relevan seperti jurnal, buku-buku pendidikan, akhlak, kitab adab al mufrad yang ditulis oleh Muhammad Nashiruddin Al Banni. Sedangkan analisis yang digunakan pada penelitian ini, penulis menggunakan pendekatan Content Analysis (analisis isi atau kajian). Yaitu, metode yang menggunakan teknik sistematik untuk menganalisis isi data dan mengkaji data.

Hasil penelitian yang telah dilakukan, ditemukan beberapa konsep pendidikan akhlak dalam Kitab Adabul Mufrod karya Al Imam Muhammad bin Ismail Al Bukhary yang di tahqiq oleh Asy Syaikh Muhammad Nashiruddin Al Albany. Konsep pendidikan adab Imam Bukhari dalam kitab Adab Al-Mufrad memiliki beberapa kaitan dengan pilar-pilar nilai pendidikan Akhlak di Indonesia sesuai dengan tujuan pendidikan Nasional. Menurut UU No. 20 Tahun 2003 pasal 3 Tentang Sistem Pendidikan Nasional, tujuan pendidikan nasional adalah untuk mengembangkan potensi peserta didik agar menjadi manusia yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri, dan menjadi warga negara yang demokratis serta bertanggung jawab.Kitab Adabul Mufrod sangat releven dalam pendidikan sekarnag, karena dalam kitab terseubut memuat sifat-sifat akhlak yang seusai dengan tujuan pendidikan nasional. Sifat-sifat akhlak yang dimaksud adalah sifat-sifat akhlak yang baik kepada sesama manusia. (1) Memelihara harga diri yaitu terdiri dari optimis, ikhlas, sabar, menepati janji, pemaaf, jujur, amanah, hemat dan lemah lembut. (2) Assyaja’ah ( berani menegakkan kebenaran ). (3) Al Qonaah (sederhana, mereka merasa cukup dan adil ). (4) Persaudaraan dan persatuan

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Pendidikan Akhlak, Kitab Adabul Mufrod
Subjects: 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > S1 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Unnamed user with email anasghozali@unusia.ac.id
Date Deposited: 15 Sep 2023 04:29
Last Modified: 15 Sep 2023 04:29
URI: https://repository.unusia.ac.id/id/eprint/332

Actions (login required)

View Item
View Item