NILAI-NILAI PENDIDIKAN ISLAM YANG TERKANDUNG DALAM IBADAH SHALAT BERJAMA’AH SANTRI USIA REMAJA DI YAYASAN AL-HIKMAH MUSTHOPA PLERED - PURWAKARTA

Mustakim, Mustaqim (2020) NILAI-NILAI PENDIDIKAN ISLAM YANG TERKANDUNG DALAM IBADAH SHALAT BERJAMA’AH SANTRI USIA REMAJA DI YAYASAN AL-HIKMAH MUSTHOPA PLERED - PURWAKARTA. Diploma thesis, UNUSIA.

[thumbnail of Mustaqim-111314018.pdf] Text
Mustaqim-111314018.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian dalam skripsi ini dilatarbelakangi oleh pengaruh era globalisasi zaman serta kecanggihan teknologi yang memberikan perubahan sangat pesat di dunai ini, terlebih dalam melaksanakan shalat berjama‟ah. Dari sini banyak manusia beranggapan bahwa pendidikan agama hanya pembinaan untuk berhadapan dengan Tuhan yang berorientasi pada kehidupan akhirat saja. Padahal manusia perlu hidup di dunia yang di dalamnya penuh dengan tantangan untuk bisa mengikuti kemajuan zaman tanpa harus meninggalkan kepentingan akhirat. Namun bagi manusia yang sadar, mereka akan memahami bahwa dalam shalat berjama‟ah banyak nilai-nilai pendidikan Islam yang berorientasi terhadap kesuksesan seseorang dalam berikhtiar untuk kehidupan duniawinya.

Skripsi ini bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan praktek shalat berjama‟ah dan nilai-nilai pendidikan Islam yang terkandung dalam ibadah shalat berjama‟ah santri usia remaja di Yayasan Al-Hikmah Mustofa Plered Purwakarta.

Penelitian yang dilakukan penulis ini adalah termasuk penelitian deskripstif kualitatif. Dengan teknik pengumpulan data. Penulis menggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Sedangkan untuk analisisnya, penulis menggunakan teknik analasis deskriptif kualitatif, yaitu berupa data-data yang tertulis atau dari lisan orang, dan pengamatan ke tempat lokasi secara langsung, sehingga dalam hal ini penulis berupaya mengadakan penelitian yang bersifat menggambarkan secara menyeluruh tentang keadaan yang sebenarnya.

Hasil penelitian di Yayasan Al-Hikmah Mustofa Plered Purwakarta diperoleh pelaksanaan shalat berjama‟ah dilaksanakan pada waktu maghrib, isya dan subuh saja, untuk shalat berjama‟ah dzuhur dan ashar dilaksanakan di sekolah. Nilai-Nilai pendidikan Islam setelah melaksanakan shalat berjama‟ah adalah membentuk santri yang berakhlak, baik Akhlak terhadap Allah, akhlak terhadap manusia, maupun akhlak terhadap alam/lingkungan. Adapun faktor pendukung dalam pelaksanaan shalat berjama‟ah diantaranya adanya dukungan yang baik dari orangtua, keteladanan yang baik dari guru, dan sikap semangat dari santri serta tanbih yang di tetapkan oleh Yayasan. Sedangkan faktor penghambatnya adalah lemahnya kesadaran santri akan manfaat dari melaksanakan shalat berjama‟ah.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Shalat Berjama’ah, Nilai-nilai pendidikan Islam
Subjects: 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > S1 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Unnamed user with email anasghozali@unusia.ac.id
Date Deposited: 15 Sep 2023 04:20
Last Modified: 15 Sep 2023 04:20
URI: https://repository.unusia.ac.id/id/eprint/331

Actions (login required)

View Item
View Item