PENERAPAN PEMBELAJARAN MATERI ILMU TAJWID PADA MATA PELAJARAN AL-QUR’AN HADITS (STUDI KASUS KELAS XI DI MADRASAH ALIYAH AL-FALAH GUNUNG SINDUR BOGOR)

Marni, Marni (2020) PENERAPAN PEMBELAJARAN MATERI ILMU TAJWID PADA MATA PELAJARAN AL-QUR’AN HADITS (STUDI KASUS KELAS XI DI MADRASAH ALIYAH AL-FALAH GUNUNG SINDUR BOGOR). Diploma thesis, UNUSIA.

[thumbnail of Marni-16130014.pdf] Text
Marni-16130014.pdf

Download (3MB)
Official URL: https://unusia.ac.id/

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan pembelajaran materi ilmu tajwid pada mata pelajaran Al-Qur’an Hadits kelas XI di MA Al-Falah Gunung Sindur Bogor , apa saja faktor pendukung dalam pembelajaran materi ilmu tajwid pada mata pelajaran Al-Qur’an Hadits dan apa saja faktor penghambat pembelajaran materi ilmu tajwid pada mata pelajaran Al-Qur’an Hadits kelas XI di MA Al-Falah Gunung Sindur Bogor.

Penelitian ini permasalahan terfokus pada penerapan Pembelajaran Ilmu Tajwid pada mata pelajaran Al-Qur’an Hadits kelas XI di sekolah MA Al-Falah Gunung sindur, faktor apa saja yang mendukung pembelajaran materi ilmu tajwid, dan faktor apa saja yang menjadi penghambatnya.

Adapun Jenis penelitian yang akan dilakukan pada penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research) yang bersifat kualitatif . Subjek penelitian ini adalah: Guru Al-Qur’an Hadits dalam menerapkan pembelajaran Ilmu Tajwid kelas XI di MA Al-Falah Gunung Sindur, kepala sekolah dan peserta didik kelas XI

Penelitian ini menyimpulkan bahwa pembelajaran materi ilmu tajwid pada mata pelajaran Al-Qur’an Hadits kelas XI di MA Al-Falah gunung sindur Bogor sudah berjalan dengan baik. Sebelum memulai pembelajaran guru Al-Qur’an Hadits terlebih dahulu mempersiapkan programnya dalam bentuk silabus kemudian dikembangkan menjadi RPP, kemudian ketika mulai pembelajaran di kelas guru Al-Qur’an Hadits memulai pembelajaran dengan menarik perhatian peserta didik, dengan senyum, salam, dan sapa. Menciptakan suasana kelas yang nyaman, menguasai materi, memakai metode yang tepat, yaitu metode ceramah, tanya jawab, diskusi dan penugasan. Sehingga materi yang diajarkan lebih mudah difahami oleh peserta didik.

Faktor pendukung pembelajaran materi ilmu tajwid yaitu adanya buku paket, lembar kerja peserta didik, buku tajwid dan Al-Qur’an.

Sedangkan faktor penghambat pembelajran materi ilmu tajwid yaitu adanya peserta didik yang belum bisa membaca Al-Qur’an sama sekali. Namun guru Al�Qur’an Hadits bisa mengatasinya, dengan solusi memberikan materi khusus seperti membaca iqra dan menjelaskan ilmu tajwid dengan dibimbing secara berulang-ulang.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Penerapan, ilmu tajwid, Al-Qur’an Hadits
Subjects: 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > S1 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Unnamed user with email anasghozali@unusia.ac.id
Date Deposited: 14 Sep 2023 10:18
Last Modified: 14 Sep 2023 10:18
URI: https://repository.unusia.ac.id/id/eprint/327

Actions (login required)

View Item
View Item