STRATEGI PEMBELAJARAN MEDIA AUDIO MUROTTAL UNTUK MEMOTIVASI MENGHAFAL AL-QUR’AN ( STUDI KASUS KELAS XII MIPA 1 SMA AN-NAJAH SUKAMULYA RUMPIN BOGOR)

Wahyudin, Intan Purnama (2020) STRATEGI PEMBELAJARAN MEDIA AUDIO MUROTTAL UNTUK MEMOTIVASI MENGHAFAL AL-QUR’AN ( STUDI KASUS KELAS XII MIPA 1 SMA AN-NAJAH SUKAMULYA RUMPIN BOGOR). Diploma thesis, UNUSIA.

[thumbnail of INTAN PURNAMA WAHYUDIN-16130164.pdf] Text
INTAN PURNAMA WAHYUDIN-16130164.pdf

Download (1MB)
Official URL: https://unusia.ac.id/

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menelaah apakah Strategi Pembelajaan Media Audio Murottal (X), Memotivasi Menghafal Al-Qur‟an (Y). Hipotesis yang di uji adalah: (1) mengetahui strategi pembelajaran dan media yang cocok untuk meningkatkan motivasi menghafal Al-Qur‟an. (2) Mengetahui hal-hal apa saja yang dapat memotivasi dalam menghafal Al-Qur‟an. (3) Mengetahui faktor-faktor apa saja yang menjadi penghambat dalam menghafal Al-qur‟an.

Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif. Dengan latar belakang SMA Annajah Sukamulya Rumpin Bogor. Informan penelitian adalah guru mata pelajaran Tahsin-Tahfidz, siswa kelas XII MIPA 1 SMA Annajah Sukamulya Rumpin Bogor. Dengan sampel penelitian 18 siswa diambil siswa yang tidak mukim yaitu siswa pulang-pergi dikarenakan sedang belajar jarak jauh dari populasi 25 siswa. Instrument yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi atau mengadakan pengamatan, wawancara yang terdiri dari 5 pertanyaan, dan quesioner yang terdiri dari 10 butir pertanyaan.

Penelitiaan menemukan bahwa (1) Strategi pembelajaran media audio murottal cukup baik untuk memotivasi menghafal Al-Qur‟an. (2) Terdapat hal-hal yang memotivasi dalam menghafal Al-Qur‟an, diantaranya yaitu guru mampu menggunakan strategi serta media yang cocok ketika pembelajaran seperti media audio muorttal (3) Terdapat faktor-faktor penghambat dalam menghafal Al-Qur‟an, seperti kurangnya motivasi, godaan media elektronik yang lebih menarik. Penelitian ini menyimpulkan bahwa strategi pembelajaran media audio murottal cukup baik untuk memotivasi menghafal Al-qur'an

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Strategi Pembelajaran, Media Audio, Motivasi, Menghafal Al-Qur'an
Subjects: 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > S1 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Unnamed user with email anasghozali@unusia.ac.id
Date Deposited: 14 Sep 2023 09:48
Last Modified: 14 Sep 2023 09:48
URI: https://repository.unusia.ac.id/id/eprint/323

Actions (login required)

View Item
View Item