Holilulloh, Holilulloh (2020) UPAYA PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI METODE DEMONSTRASI PADA MATA PELAJARAN FIQIH DI KELAS VII MTs MATHLA’UL ANWAR I KOTA BOGOR. Diploma thesis, UNUSIA.
Holilulloh-14130198.pdf
Download (2MB)
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan metode demonstrasi dalam meningkatkan hasil belajar fiqih dan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa pada mata pelajaran fiqih di kelas VII MTs. Mathlaul Anwar 1 Kota Bogor.
Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Model penelitian yang digunakan adalah model siklus Stephen Kemmis dan Mc Taggart. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VII MTs Mathla’ul Anwar I Kota Bogor, berjumlah 33 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan metode observasi, dokumentasi, dan catatan lapangan. Teknik analisis data menggunakan statistik deskriptif kuantitatif.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan metode demonstrasi dalam meningkatkan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran fiqih kelas VII MTs Mathla’ul Anwar I Kota Bogor memberikan hasil yang sangat baik, hal ini terlihat dari hasil observasi aktifitas belajar siswa, pada siklus I aktifitas belajar siswa sebesar 77 % dan meningkat pada siklus II yaitu menjadi 88.5%, aktifitas peneliti dalam memberikan pembelajaran pada siklus satu sebesar 90.3% dan meningkat pada siklus II sebesar 96.1%. dan peningkatan hasil belajar mata pelajaran fiqih kelas VII yaitu pada pretest sebesar 73,33 meningkat pada siklus satu rata-rata kelas sebesar 78,33 dan kembali mengalami peningkatan pada siklus II sebesar 86,06, kriteria ketuntasan minimum yaitu sebesar 75, sehingga dapat dinyatakan bahwa metode demonstrasi dapat meningkatkan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran fiqih kelas VII di MTs. Mathlaul Anwar 1 Kota Bogor.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Hasil Belajar, Pelajaran Fiqih |
Subjects: | 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 370 Pendidikan |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > S1 Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Unnamed user with email anasghozali@unusia.ac.id |
Date Deposited: | 14 Sep 2023 09:43 |
Last Modified: | 14 Sep 2023 09:43 |
URI: | https://repository.unusia.ac.id/id/eprint/322 |