KONSEP PENDIDIKAN DAMAI WAHID FOUNDATION SEBAGAI UPAYA MENJAGA TOLERANSI

Al Furqon, Frasetyo (2021) KONSEP PENDIDIKAN DAMAI WAHID FOUNDATION SEBAGAI UPAYA MENJAGA TOLERANSI. Diploma thesis, UNUSIA.

[thumbnail of Frasetyo Al Furqon-14130004.pdf] Text
Frasetyo Al Furqon-14130004.pdf

Download (1MB)
Official URL: https://unusia.ac.id/

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan Program Sekolah Damai yang dipelopori oleh Wahid Foundation yang dibuat Sebagai upaya pencegahan terhadap maraknya paham intoleransi dan radikalisme di sekolah. Program Sekolah Damai yang dijalankan oleh Wahid Foundation bertujuan untuk menumbuhkan nilai persaudaraan yang dilandasi dengan sikap toleransi, kejujuran, penghargaan terhadap kebebasan beragama dan berkeyakinan. Penelitian ini mencoba untuk menjabarkan hal-hal terkait dengan pendidikan perdamaian yang meliputi : 1. Konsep pendidikan Damai menurut Wahid Foundation, 2. Strategi dan Implementasi Pendidikan Damai Wahid Foundation dalam menciptakan budaya damai di sekolah.

Penelitian ini menggunakan pendekatan Deskriptif Kualitatif. Sebuah pendekatan yang menggunakan metode penelitian yang memanfaatkan data kualitatif dan dijabarkan secara deskriptif. Data yang diperoleh dari penelitian ini adalah data konsep pendidikan damai, Strategi pendidikan damai dan implementasi pendidikan damai pada Program Sekolah Damai Wahid Foundation. Sumber data dalam penelitian ini adalah : Program Officer Dan Pendamping Program Sekolah Damai Wahid Foundation dan dokumen. Teknik pengumplan data yang diperoleh dengan menggunakan wawancara secara mendalam dan studi dokumentasi.

Adapun kesimpulan yang berhasil di rumuskan berdasarkan fokus penelitian, paparan data, temuan dan analisis pembahasan adalah sebagai berikut : 1. Konsep Sekolah Damai Wahid Foundation terbagi menjadi 4 tahapan : tahap 1 dan 2 merupakan tahapan seleksi sekolah dan perumusan Program Sekolah Damai, Tahap 3 dan 4 merupakan tahap pelaksanaan dan penerapan Program Sekolah Damai di sekolah. 2. Strategi dan implemntasi budaya damai di sekolah sebagai berikut : a. program bersifat fleksibel namun mengacu pada 3 indicator sekolah damai yaitu : Kebijakan Sekolah, Praktik toleransi dan perdamaian, pengelolaan organisasi kesiswaan, b. Sekolah Damai Wahid Foundation menekankan pada suasana dan nuansa damai di sekolah.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Sekolah Damai, Pendidikan Damai
Subjects: 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > S1 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Unnamed user with email anasghozali@unusia.ac.id
Date Deposited: 14 Sep 2023 09:26
Last Modified: 14 Sep 2023 09:26
URI: https://repository.unusia.ac.id/id/eprint/319

Actions (login required)

View Item
View Item