UPAYA MEMBANGUN LITERASI MELUI PERPUSTAKAAN MADRASAH (STUDI KASUS MTSNEGRI 34 JAKARTA)

Utami, Dian Aprilia (2020) UPAYA MEMBANGUN LITERASI MELUI PERPUSTAKAAN MADRASAH (STUDI KASUS MTSNEGRI 34 JAKARTA). Diploma thesis, UNUSIA.

[thumbnail of Dian Aprilia Utami -15130004.pdf] Text
Dian Aprilia Utami -15130004.pdf

Download (5MB)
Official URL: https://unusia.ac.id/

Abstract

Perpustakaan sekolah merupakan salah satu unsur pendukung yang memiliki peran penting dalam proses belajar mengajar, karena perpustakaan tersedia koleksi buku yang bisa digunakan oleh guru dan siswa dalam menemukan sumber dan sarana pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sejauh mana peran perpustakaan dalam membangun literasi di MTsN 34 Jakarta.

Jenis penelitian ini adalah deskriptif yakni penelitian yang mendeskripsikan mengenai fakta-fakta yang diselidiki. Pengumpulan data yang digunakan adalah metode triangulasi dan analis datanya bersifat kualitatif yakni memaparkan dan membahas sesuai kenyataan di lapangan mengenai program budaya literasi dan keefektifannya untuk meningkatkan minat baca siswa dengan menggunakan teknik wawancara dan observasi sebagai data primer, dan dokumentasi sebagai data pendukung.

Teknik proses pengolahan dan analisis data menggunakan model analisis data Miles dan Huberman yang terdiri dari empat tahap, yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan verikasi. Sumber data atau informan penelitian terdiri dari pengelola perpustakaan, guru dan siswa sebagai sumber data.

Hasil penelitian menunjukan bahwa perpustakaan MTsN 34 Jakarta sudah berperan memotivasi siswa untuk berpartisipasi aktif dalam membangun literasi berupa jadwal kunjungan wajib, pojok baca, kegiatan Gerakan Literasi Sekolah(GLS) dan panggung kreasi.Walaupun dari segi koleksi buku paket sudah cukup memadai yang menjadi salah satu kendala adalah minimnya koleksi buku yang bersifat reaksi seperti buku fiksi, dan yang menjadi hambatan utama dalam penelitian ini adalah sempitnya ruangan sehingga berpengaruh kepada minat membaca siswa, kedisiplinan, pembiasaan siswa, serta metode.

Upaya yang dapat dilakukan pihak sekolah untuk meningkatkan minat membaca siswa adalah menambahkan koleksijenis buku yang lebih variatif agar peserta didik tertarik yang masuk keperpustaakan dan tidak bosan dengan buku-buku paket pelajaran saja, serta dengan memperluas ruangan perpustakaan madrasah.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: peran perpustakaan, minat membaca, dan literasi.
Subjects: 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > S1 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Unnamed user with email anasghozali@unusia.ac.id
Date Deposited: 14 Sep 2023 08:47
Last Modified: 14 Sep 2023 08:47
URI: https://repository.unusia.ac.id/id/eprint/314

Actions (login required)

View Item
View Item