PERAN PONDOK PESANTREN NURUDDARIL IBTIDA KECAMATAN SETU KOTA TANGERANG SELATAN DALAM MEMBENTUK AKHLAK MASYARAKAT

Rahmat, Amat (2021) PERAN PONDOK PESANTREN NURUDDARIL IBTIDA KECAMATAN SETU KOTA TANGERANG SELATAN DALAM MEMBENTUK AKHLAK MASYARAKAT. Diploma thesis, UNUSIA.

[thumbnail of Amat Rahmat-16130144.pdf] Text
Amat Rahmat-16130144.pdf

Download (3MB)
Official URL: https://unusia.ac.id/

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menelaah peran pondok pesantren (X), dalam membentuk akhlak masyarakat (Y). Kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi yang pesat pada era global saat ini terasa sekali pengaruhnya dalam kehidupan masyarakat. Melihat fenomena yang ada sekarang banyak ditemukan tingkah laku remaja yang bertentangan dengan norma-norma ajaran agama Islam. Fenomena dampak negatif kemajuan teknologi begitu nyata, diperlukan upaya pertahanan diri dan lingkungan. Salah satu upaya pertahanan tersebut adalah memperkuat karakter melalui proses pendidikan yang mampu membimbing dan mengarahkan mereka agar segala tingkah laku sesuai dengan ajaran agama Islam, pondok pesantren sebagai lembaga pendidik Islam diharapkan mampu memberi peran pembentukan akhlak masyarakat.

Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Lokasi penelitian di pondok pesantren Nuruddaril Ibtida, Kelurahan Kademangan, Kecamatan setu, Kota Tangerang Selatan. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara dan dokumentasi, dengan jumlah informan sebanyak lima responden yaitu kiyai, santri, pengurus pondok pesantren, ketua organisasi Kumpulan Pemuda Kademangan (KPK) serta warga Kelurahan Kademangan

Penelitian menemukan bahwa diketahui pondok pesantren Nuruddaril Ibtida merupakan kebanggaan masyarakat yang ikut berperan aktif dalam pembentukan akhlak masyarakat kelurahan Kademangan, berbagai macam usaha dilakukan pondok pesantren demi terwujudnya masyarakat yang berakhlakul karimah ,mulai dari kegiatan keagamaan seperti pengajian umum, dakwa keliling masjid sampai Perayaan Hari Besar Islam (PHBI). Tidak hanya itu, pondok pesantren Nuruddaril Ibtida juga turut serta dalam kegiatan sosial seperti menyelenggarakan zakat fitrah, qurban, penyediaan air bersih dan lain-lain.

Penelitian ini menyimpulkan bahwa Pondok pesantren Nuruddaril Ibtida adalah lembaga pendidikan non formal yang memiliki tujuan membangun generasi Islam yang berpengetahuan luas dan berakhlakul karimah. Pesantren Nuruddaril Ibtida selain sebagai lembaga pendidikan yang fokus pada tafaqquh fi al-din, juga berperan menjadi lembaga yang membantu memberdayakan masyarakat melalui pengembangan kewirausahaan dan sektor lainnya.Pembentukan akhlak di Kelurahan Kademangan perlu adanya pengembangan strategi dengan menggali informasi kondisi masyarakat Pengelolaan pondok pesantren hendaknya dilakukan secara lebih professional serta adanya kerjasama para pemangku kepentingan (Stakeholders) dalam upaya mewujudkan tujuan pendidikan pesantren. Orangtua santri memposisikan diri sebagai bagian penting dari manajemen pengelolaan pendidikan pesantren.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Pondok Pesantren, Akhlak, Masyrakat
Subjects: 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > S1 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Unnamed user with email anasghozali@unusia.ac.id
Date Deposited: 14 Sep 2023 08:06
Last Modified: 14 Sep 2023 08:06
URI: https://repository.unusia.ac.id/id/eprint/312

Actions (login required)

View Item
View Item