UPAYA GURU DALAM MENGATASI KESULITAN BELAJAR SISWA KELAS VIII PADA MATA PELAJARAN SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM DI MTS JANNATUL AMAL SEPATAN TIMUR-TANGERANG

Fadilah, Ahmad Sohibil (2021) UPAYA GURU DALAM MENGATASI KESULITAN BELAJAR SISWA KELAS VIII PADA MATA PELAJARAN SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM DI MTS JANNATUL AMAL SEPATAN TIMUR-TANGERANG. Diploma thesis, UNUSIA.

[thumbnail of Ahmad Sohibil Fadilah-15130147.pdf] Text
Ahmad Sohibil Fadilah-15130147.pdf

Download (2MB)
Official URL: https://unusia.ac.id/

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan apa saja faktor-faktor yang mempengaruhi kesulitan belajar siswa kelas VIII pada mata pelajaran sejarah kebudayaan Islam di MTs Jannatul Amal Sepatan Timur Tangerang. Untuk mengetahui bagaimana upaya guru dalam mengatasi kesulitan belajar siswa kelas VIII pada mata pelajaran sejarah kebudayaan Islam. Untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat upaya guru dalam mengatasi kesulitan belajar siswa kelas VIII pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam.

Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Lokasi penelitian terletak di MTs Jannatul Amal Sepatan Timur Tangerang. Pengumpulan data dilakukan dengan mengadakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan memberi makna terhadap data yang dikumpulkan, dan dari makna itulah ditarik kesimpulan. Pemeriksaan data dilakukan dengan mengadakan triangulasi data, yaitu dengan cara mengecek data yang telah diperoleh melalui beberapa sumber.

Hasil penelitian: 1) faktor-faktor yang mempengaruhi kesulitan belajar siswa kelas VIII pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam yaitu dari kemampuan/kecerdasan (intelegensi) siswa dan kurang/rendahnya minat siswa dalam belajar. 2) upaya guru dalam mengatasi kesulitan belajar siswa kelas VIII pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam adalah memperhatikan tingkat kesukaran dalam penyusunan soal tes yang diberikan pada siswa, melakukan pendekatan dengan cara memberikan bimbingan, motivasi serta perhatian lebih, dan menggunakan media/metode tambahan yang bervariasi. 3) faktor pendukung upaya guru dalam mengatasi kesulitan belajar siswa kelas VIII pada mata pelajaran SKI yaitu tersedianya fasilitas atau sarana/media pembelajaran yang memadai, sedangkan faktor penghambat upaya guru dalam mengatasi kesulitan belajar siswa kelas VIII pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam yaitu kurangnya jam belajar/alokasi waktu pada mata
pelajaran SKI.

Penelitian ini menyimpulkan bahwa kesulitan belajar siswa kelas VIII pada mata pelajaran SKI secara garis besar dipengaruhi oleh faktor internal siswa. Dari berbagai macam faktor kesulitan belajar tersebut dapat diatasi dengan adanya beberapa upaya yang dilakukan oleh guru. Sehingga dengan adanya upaya-upaya yang dilakukan guru, diharapkan mampu membantu siswa mencapai hasil belajar yang optimal.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Guru, Kesulitan Belajar, Sejarah Kebudayaan Islam
Subjects: 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > S1 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Unnamed user with email anasghozali@unusia.ac.id
Date Deposited: 14 Sep 2023 07:58
Last Modified: 14 Sep 2023 07:58
URI: https://repository.unusia.ac.id/id/eprint/311

Actions (login required)

View Item
View Item