PEMBIASAAN LATIHAN PIDATO DALAM MENINGKATKAN KEPERCAYAAN DIRI (STUDI PEMBIASAAN LATIHAN PIDATO DI MADRASAH DINIYAH TAKMILIYAH MA’HADUL AYTAM PONDOK PESANTREN ASSHIDDIQIYAH JAKARTA)

Mansur, Toha (2019) PEMBIASAAN LATIHAN PIDATO DALAM MENINGKATKAN KEPERCAYAAN DIRI (STUDI PEMBIASAAN LATIHAN PIDATO DI MADRASAH DINIYAH TAKMILIYAH MA’HADUL AYTAM PONDOK PESANTREN ASSHIDDIQIYAH JAKARTA). Diploma thesis, UNUSIA.

[thumbnail of Toha Mansur-12130294.pdf] Text
Toha Mansur-12130294.pdf

Download (6MB)
Official URL: https://unusia.ac.id/

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini yaitu adanya peserta didik yang memiliki kepercayaan diri rendah seperti pasif di kelas, saling mengandalkan temannya, diam ketika diskusi dan lain sebagainya. Ini menjadi permasalahan yang akan mempengaruhi prestasi dan juga kehidupan mereka. Karena rasa percaya diri adalah suatu hal yang sangat penting untuk bekal kehidupan.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana model pembiasaan latihan pidato, Manfaat terhadap kepercayaan diri, serta kendala dan solusi pelatihan pidato dalam meningkatkan kepercayaan diri di Madrasah Diniyah Takmiliyah Ma’hadul Aytam Asshiddiqiyah Jakarta.

Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Dalam memperoleh data peneliti menggunakan metode wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis data dalam penelitian ini meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Pengecekan keabsahan data menggunakan ketekunan peneliti dan triangulasi.

Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa: Pelaksanaan pelatihan pidato bersifat wajib bagi seluruh santri, dilaksanakan setiap hari jum’at dari pukul 08.00 – 10.30 secara berkelompok. Proses pelaksanaan dimulai dari persiapan, inti dan evaluasi. Adapun susunan acara: pembukaan, pembacaan maulid, pembacaan al�Qur’an dan saritilawah, sambutan, inti pidato, pembacaan sholawat khudoriyah, lain-lain dan penutup. Dalam kegiatan ini terdapat peraturan, panishment (berdiri, bersih-bersih) dan reward (Barang). Keberhasilan pelatihan pidato dapat terlihat dari segi aspek dan karakteristik percaya diri yaitu: Berani, percaya pada kemampuan sendiri, mandiri, optimis, dan bertanggung jawab. Kendala pada pelatihan pidato diantaranya: Kurangnya antusias santri, petugas kesulitan mencari materi dan menghafal teks bahasa asing. Solusi yang dilakukan yaitu memberi teguran dan hukuman, mencari sumber materi dari perpustakaan dan internet serta menambah waktu menghafal.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Pembiasaan Pidato, Percaya Diri
Subjects: 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > S1 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Unnamed user with email anasghozali@unusia.ac.id
Date Deposited: 13 Sep 2023 09:25
Last Modified: 13 Sep 2023 09:25
URI: https://repository.unusia.ac.id/id/eprint/307

Actions (login required)

View Item
View Item