PENGARUH KEMAMPUAN BACA TULIS AL-QUR’AN TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN AL-QUR’AN HADITS DI MTs NURUL FALAH GUNUNG SINDUR BOGOR

Shofaturokhmah, Shofaturokhmah (2020) PENGARUH KEMAMPUAN BACA TULIS AL-QUR’AN TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN AL-QUR’AN HADITS DI MTs NURUL FALAH GUNUNG SINDUR BOGOR. Diploma thesis, UNUSIA.

[thumbnail of Shofaturokhmah-6571010115180.pdf] Text
Shofaturokhmah-6571010115180.pdf

Download (9MB)
Official URL: https://unusia.ac.id/

Abstract

Kemampuan Baca Tulis Al-Qur’an merupakan pengetahuan dasar untuk lebih bisa memahami dan menerapkan bacaan-bacaan yang ada dalam Al-Qur’an. Karena syariat Islam sumbernya adalah dari Al-Qur’an dan Hadits yang keduanya menggunakan bahasa Arab. Al-Qur’an dan Hadits ini dipelajari dalam sebuah mata pelajaran yaitu Qur’an Hadits. Pengetahuan Baca Tulis Al-Qur’an. Pengetahuan Baca Tulis AL-Qur’an ini diharapkandapat mendukung pencapaian target pada mata pelajaran Al�Qur’an Hadits tersebut.

Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif, sedangkan pengumpulan data dilakukan melalui angket, Observasi, dan dokumentasi. Populasi dan sampel pada penelitian ini adalah siswa kelas VII MTs. Nurul Falah Gunung Sindur Bogor sebanyak 39 orang. Pengukuran kegiatan Baca Tulis Al-Qur’an diambil melalui hasil angket, sedangkan hasil belajar AL-Qur’an Hadits diambil dari Penilaian Tengah Semester (PTS) tahun 2019-2020. Kemudian data diolah dengan menggunakan rumus Korelasi Product Moment.

Tujuan penelitian ini adalah : 1) Untuk mengetahui kegiatan Baca Tulis Al- Qur’an siswa Madrasah Tsanawiyah Nurul Falah Gunung Sindur Bogor, 2) Untuk mengetahui hasil belajar Al-Qur’an Hadits siswa di Madrasah Tsanawiyah Nurul Falah Gunung Sindur Bogor, 3) Untuk mengetahui kemungkinan adanya pengaruh antara Baca Tulis Al-Qur’an terhadap hasil belajar Al-Qur’an Hadits siswa di MTs. Nurul Falah Gunung Sindur Bogor.

Dari hasil penelitian yang digunakan diperoleh bahwa adanya pengaruh yang sangat tinggi antara variabel X ( Baca Tulis Al-Qur’an ) dengan variabel Y (hasil belajar). Pengujian hipotesis diperoleh r hitung sebesar (0,720) dan r tabel pada taraf signifikan 5% (0,720 > 0,444). Maka, hipotesis alternatif diterima sedangkan hipotesis nihil ditolak. Dalam koefisien determinasi variabel X dan variabel Y sebesar 51,9%. Dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh yang signifikan antara Baca Tulis Al�Qur’an terhadap hasil belajar mata pelajaran Al-Qur’an Hadits kelas VII di MTs. Nurul Falah Gunung Sindur Bogor.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Pengaruh Baca Tulis Al-Qur’an, Hasil Belajar Siswa, Al-Qur’an Hadits
Subjects: 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > S1 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Unnamed user with email anasghozali@unusia.ac.id
Date Deposited: 13 Sep 2023 08:59
Last Modified: 13 Sep 2023 08:59
URI: https://repository.unusia.ac.id/id/eprint/304

Actions (login required)

View Item
View Item