UPAYA GURU AQIDAH AKHLAK DALAM MEMBENTUK PERILAKU SOPAN SANTUN SISWA KELAS X DI MA MANBA'UL ULUM JAKARTA BARAT

miftahudin, Miftahudin (2019) UPAYA GURU AQIDAH AKHLAK DALAM MEMBENTUK PERILAKU SOPAN SANTUN SISWA KELAS X DI MA MANBA'UL ULUM JAKARTA BARAT. Diploma thesis, UNUSIA.

[thumbnail of Miftahudin-12130279.pdf] Text
Miftahudin-12130279.pdf

Download (5MB)
Official URL: https://unusia.ac.id/

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sejauh mana upaya guru aqidah akhlak serta mengetahui bagaimana kendala yang dihadapi guru sekaligus solusi dalam membentuk perilaku sopan santun siwa.

Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Subyek penelitian adalah guru aqidah akhlak dan siswa MA Manba‟ul Ulum Jakarta Barat. Dalam penelitian ini pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi. Data yang terkumpul kemudian dianalisis dengan menggunakan langkah-langkah reduksi data dan penarikan kesimpulan.

Hasil penelitian disimpulkan bahwa upaya guru aqidah akhlak dalam membentuk perilaku sopan santun siswa menggunakan dua metode, yaitu metode pembiasaan dan metode keteladanan. (1) Pembiasaan adalah sebuah cara yang dapat dilakukan untuk membiasakan anak didik berfikir, bersikap dan bertindak sesuai dengan tuntunan ajaran Islam. (2) Keteladanan yang berarti perilaku ataupun perbuatan baik yang patut ditiru oleh orang lain.

Berdasarkan hasil penelitiam, ada beberapa faktor kendala guru dalam membentuk perilaku sopan santun siswa yaitu: broken home, pemaksaan orang tua terhadap siswa dalam pemilihan sekolah dan faktor pertemanan di sekolah. Adapun solusi dari kendala tersebut adalah melalui penggalian informasi, konfirmasi dan pemanggilan orang untuk meningkatkan motifasi siswa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Upaya Guru, Aqidah Akhlak, Perilaku Sopan Santun
Subjects: 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > S1 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Unnamed user with email anasghozali@unusia.ac.id
Date Deposited: 13 Sep 2023 07:41
Last Modified: 13 Sep 2023 07:41
URI: https://repository.unusia.ac.id/id/eprint/295

Actions (login required)

View Item
View Item