Malizy, Fuad zein (2019) EFEKTIFITAS TA’ZIR DI PONDOK PESANTREN ASSHIDDIQIYAH JAKARTA. Diploma thesis, UNUSIA.
Fuad Zein Malizy-12130275.pdf
Download (6MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektifitas ta’zir serta kelebihan dan kekurangan ta’zir.
Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Subyek penelitian adalah santri Pondok Pesantren Asshiddiqiyah Jakarta. Dalam penelitian ini pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi. Data yang terkumpul kemudian dianalisis dengan menggunakan langkah-langkah reduksi data dan penarikan kesimpulan.
Pelaksaaan ta’zir di Pondok Pesantren Assshiddiiyah Jakarta dilakukan sesuai dengan rencana tujuan untuk menimbulkan efek jera, perbaikan, perlindungan, ganti rugi dan menakut-nakuti. Penerapan ta’zir di Pondok Pesantren Asshiddiqiyah efektif, dengan pencapaiannya terhadap syarat-syarat efektifitas yaitu tepat guna, ekonomis, wewenang yang bertanggung jawab, pembagian kerja yang nyata dan prosedur kerja yang praktis.
Berdasarkan hasil penelitiam, ada beberapa Kelebihan dari Penerapan ta’zir di Pondok Pesantren Asshiddiqiyah Jakarta yaitu santri menjadi lebih terarah dalam bersikap dan bertindak, santri lebih menghormati peraturan dan tatatertib, menciptakan ekosistem pembelajaran lebih kondusif, santri lebih menaati peraturan Pondok Pesantren dan mendidik rasa tanggungjawab terhadap diri santri serta dapat megendalikan dirinya sendiri pada tindakan dan sikap yang baik dan benar. Adapaun kekurangannya adalah reaksi negatif yang muncul dari santri kepada penghukum atau kemanan dan ketidaksesuain hukuman yang dijatuhkan kepada santri.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Efektifitas, Ta’zir. |
Subjects: | 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 370 Pendidikan |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > S1 Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Unnamed user with email anasghozali@unusia.ac.id |
Date Deposited: | 13 Sep 2023 04:09 |
Last Modified: | 13 Sep 2023 04:09 |
URI: | https://repository.unusia.ac.id/id/eprint/290 |