Komarudin, Ahmad (2019) PENERAPAN METODE DEMONSTRASI DALAM PEMBELAJARAN SHALAT BERJAMAAH DI KELAS II MADRASAH DINIYAH TAKMILIYAH PONDOK PESANTREN ASSHIDDIQIYAH JAKARTA. Diploma thesis, UNUSIA.
AHMAD KOMARUDIN-12130272.pdf
Download (1MB)
Abstract
Pendidikan adalah usaha sadar sistematis dan sistematik yang bertolak dari sejumlah landasan denganmengindahkan sejumlah asas tertentu.Tatacara beribadah beberapa santri khususnya yang duduk di kelas II Madrasah Diniyah Mambaul Ulum Ponpes Asshiddiqiyah Jakarta, masih memeliki beberapa kekurangan. Padahal dalam kegiatan belajar mengajar terjadi interaksi edukatif antara guru dan anak didik di kelas. Dalam penyampaian bahan pelajaran guru harus menggunakan strategi yang tepat, sehingga siswa dapat menerima materi ajar dengan baik tidak hanya pada konsep teori, tapi juga praktis dalam kehidupan. Terlebih pada tata cara ritus ibadah keseharian. Penelitian ini akan membahas bagaimana penerapan metode demonstrasi dalam pembelajaran fiqih pada materi salat di kelas II Madrasah Diniyah Manba’ul Ulum, apa saja faktor yang mendukung penerapan metode demonstrasi dalam pembelajaran fiqih pada materi salat di kelas II Madrasah Diniyah Manba’ul Ulum, apa saja faktor yang menghambat penerapan metode demonstrasi dalam pembelajaran fiqih pada materi salat di kelas II Madrasah Diniyah Manba’ul Ulum.
Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research) dengan metode penelitiannya kualitatif. Dalam pengumpulan data bersifat emic sehingga menghasilkan data deskriptif. Lokasi penelitian di Madrasah Diniyah Manba’ul Ulum Pondok Pesantren Asshiddiqiyah yang berlokasi di Jalan Panjang No. 6c Kelurahan Kedoya Utara Kecamatan Kebon Jeruk Jakarta Barat. Teknik analisis data dengan tahapan mereduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
Penelitian ini memberikan tiga temuan, 1) terdapat beberapa tahap dalam penerapan metode demonstrasi yang dilakukanoleh guru bidang fiqih meliputi, pemilihan metode, persiapan, pelaksanaan, dan evaluasi. 2) Faktor yang mendukung penerapan metode adalah indepedensi guru dalam menerapkan metode, penggunaan sarana dan prasarana sebagai pendukung kegiatan belajar, juga respon positif dari santri. 3) Sedangkan faktor yang menghambat adalah kesungguhan santri dalam menyimak materi ajar guru dan rasa tidak percaya diri dalam melakukan praktik peraga dalam pembelajaran salat berjamaah.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pendidikan, Metode Pembelajaran, Demonstrasi, Salat Berjamah. |
Subjects: | 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Sekolah dan aktivitasnya; pendidikan khusus |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > S1 Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Unnamed user with email anasghozali@unusia.ac.id |
Date Deposited: | 13 Sep 2023 03:25 |
Last Modified: | 13 Sep 2023 03:25 |
URI: | https://repository.unusia.ac.id/id/eprint/285 |