Martiyanah, Sri (2022) PENGARUH LITERASI ZAKAT DAN TRANSPARANSI TERHADAP MINAT CALON MUZAKKI MEMBAYAR ZAKAT PROFESI DI BAZNAS KABUPATEN BOGOR. Diploma thesis, UNUSIA.
SRI MARTIYANAH-ESY18160021.pdf
Download (1MB)
Abstract
Penelitian ini dilakukan karena rendahnya minat masyarakat berzakat melalui BAZNAS Kabupaten Bogor. Dengan tujuan untuk mengetahui pengaruh variabel literasi zakat dan variabel transparansi terhadap minat calon muzakki membayar zakat profesi di BAZNAS Kabupaten Bogor. Adapun metode penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah tenaga kerja non ASN dan teknik yang digunakan dalam pengambilan sampel adalah teknik Convinience Sampling. Sehingga sampel yang digunakan ada sebanyak 100 responden. Jenis data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan data primer dan data sekunder. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji kualitas data, uji asumsi klasik dan analisis regresi linear berganda. Dari hasil penelitian yang dilakukan menunjukkan bahwa variabel literasi zakat (X1) tidak berpengaruh terhadap minat muzakki membayar zakat profesi dengan tingkat signifikan dari variabel literasi zakat sebesar 0,118 lebih besar dari 0,05. Variabel transparansi (X2) berpengaruh terhadap minat calon muzakki membayar zakat profesi dengan tingkat signifikan sebesar 0,000 lebih kecil dari 0,05. Kemudian dari uji simultan (F) diperoleh probabilitas (Sig) sebesar 0,000. Karena nilai Sig < 0,05 (0,000 < 0,05), artinya bahwa variabel literasi zakat dan transparansi secara bersama atau simultan berpengaruh signifikan terhadap minat calon muzakki membayar zakat profesi di BAZNAS Kabupaten Bogor.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | transparansi, literasi zakat, zakat profesi |
Subjects: | 300 – Ilmu Sosial > 330 Ekonomi > 332 Ekonomi keuangan |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis > S1 Ekonomi Syariah |
Depositing User: | Unnamed user with email anasghozali@unusia.ac.id |
Date Deposited: | 05 Sep 2023 09:03 |
Last Modified: | 05 Sep 2023 09:03 |
URI: | https://repository.unusia.ac.id/id/eprint/233 |