PENGARUH ONLINE REVIEW CUSTOMER, TAGLINE GRATIS ONGKIR, DAN FLASH SALE TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PADA E-COMMERCE SHOPEE

Zulfiyanni, Finna (2022) PENGARUH ONLINE REVIEW CUSTOMER, TAGLINE GRATIS ONGKIR, DAN FLASH SALE TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PADA E-COMMERCE SHOPEE. Diploma thesis, UNUSIA.

[thumbnail of Finna Zulfiyanni-ESY18160074.pdf] Text
Finna Zulfiyanni-ESY18160074.pdf

Download (2MB)
Official URL: https://unusia.ac.id/

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menelaah pengaruh Pengaruh Online Customer Review (X1), Tagline Gratis Ongkir (X2), dan Flash Sale (X3). Hipotesis yang diuji adalah: (1) Terdapat pengaruh langsung antara Online Customer Review dengan Keputusan Pembelian pada E-Commerce Shopee. (2) Terdapat pengaruh langsung antara Tagline Gratis Ongkir dengan Keputusan Pembelian pada E-Commerce Shopee. (3) Terdapat pengaruh langsung antara Flash Sale dengan Keputusan Pembelian pada E-Commerce Shopee. (4) Terdapat pengaruh langsung antara Online Customer Review, Tagline Gratis Ongkir, dan Flash Sale dengan Keputusan Pembelian pada E-Commerce Shopee. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif asosiatif. populasi penelitian adalah mahasiswa Universitas Nahdlatul Ulama Indonesia (UNUSIA) angkatan 2018-2021. Dengan sampel penelitian sebanyak 100 mahasiwwa diambil secara pembagian per fakultas dari populasi sebanyak 1.768 mahasiswa. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah instrumen yang dikembangkan sendiri dari konstruk teori-teori yang berkaitan dengan variabel penelitian, yaitu variabel Online Customer Review terdiri atas 4 butir pernyataan, Tagline Gratis Ongkir terdiri atas 5 pernyataan, Flash Sale terdiri atas 5 pernyataan, dan Keputusan Pembelian terdiri atas 10 pernyataan. Teknik analisis yang dipergunakan adalah analisis jalur pada taraf signifikansi α = 0,10.Penelitian menemukan bahwa, (1) Terdapat pengaruh langsung antara Online Customer Review dengan Keputusan Pembelian pada E-Commerce Shopee dengan persamaan regresi Y = 2,542 + 0,682x1 + 0,590x2 + 0,655x3 + . Diketahui nilai konstansa sebesar 2,542 dengan nilai regresi 0,682, t hitung sebesar 3,416 > 0,1654 dan nilai signifikansi sebesar 0,001 < 0,10. (2) Terdapat pengaruh langsung antara Tagline Gratis Ongkir dengan Keputusan Pembelian pada E-Commerce Shopee dengan persamaan regresi Y = 2,542 + 0,682x1 + 0,590x2 + 0,655x3 + . Diketahui nilai konstansa sebesar 2,542 dengan nilai regresi 0,590, t hitung sebesar 3,261 > 0,1654, dan nilai signifikansi sebesar 0,002 < 0,10. (3) Terdapat pengaruh langsung antara Flash Sale dengan Keputusan Pembelian pada E-Commerce Shopee dengan persamaan regresi Y = 2,542 + 0,682x1 + 0,590x2 + 0,655x3 + . Diketahui nilai konstansa sebesar 2,542 dengan nilai regresi 0,590, t hitung sebesar 4,733 > 0,1654, dan nilai signifikansi sebesar 0,000 < 0,10. (4) Terdapat pengaruh langsung antara Online Customer Review, Tagline Gratis Ongkir, dan Flash Sale dengan Keputusan Pembelian pada E-Commerce Shopee. Diketahui nilai signifikansi sebesar 0,000 < 0,10 dan F hitung pada tabel hasil uji T Coefficients sebesar 69,177 > 2,14. Variabel flash sale memiliki pengaruh lebih dominan dibanding variabel lain. Hal ini dibuktikan dengan hasil pengujian uji regresi liniear pada nilai Koefisien Beta (Beta Coefficient) sebesar 0,376 dibandingkan dengan variabel online customer review sebesar 0,269, dan tagline gratis ongkir sebesar 0,310. Penelitian ini menyimpulkan bahwa keputusan pembelian dapat dipengaruhi melalui media online customer review yang memberikan ulasan positif akan membuat konsumen yakin akan keaslian suatu produk, promosi tagline gratis ongkir akan mempengaruhi keputusan pembelian karena konsumen merasa terbantu dengan adanya subsidi atau tidak adanya biaya pengiriman, dan flash sale akan menarik minat keputusan pembelian karena konsumen akan tergiur dengan potongan harga yang diberikan oleh penjual yang didukung oleh terbatasnya waktu flash sale

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Online Customer Review, Gratis Ongkir, Flash Sale, Keputusan.
Subjects: 300 – Ilmu Sosial > 330 Ekonomi > 330 Ekonomi
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > S1 Ekonomi Syariah
Depositing User: Unnamed user with email anasghozali@unusia.ac.id
Date Deposited: 05 Sep 2023 03:47
Last Modified: 05 Sep 2023 03:48
URI: https://repository.unusia.ac.id/id/eprint/211

Actions (login required)

View Item
View Item