Pengaruh intensitas penggunaan media sosial tiktok terhadap prokrastinasi akademik pada mahasiswa Universitas Nahdlatul Ulama Indonesia

Afdalifah, Nur (2022) Pengaruh intensitas penggunaan media sosial tiktok terhadap prokrastinasi akademik pada mahasiswa Universitas Nahdlatul Ulama Indonesia. Diploma thesis, UNUSIA.

[thumbnail of NUR AFDALIFAH-PSI18040105.pdf] Text
NUR AFDALIFAH-PSI18040105.pdf

Download (1MB)
Official URL: https://unusia.ac.id/

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh intensitas penggunaan media sosial Tiktok terhadap prokrastinasi akademik pada mahasiswa Universitas Nahdlatul Ulama Indonesia. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan analisis regresi sederhana. Teknik sampling yang digunakan yaitu non-probability sampling. Pengambilan sampel penelitian sebanyak 213 mahasiswa Universitas Nahdlatul Ulama Indonesia yang menggunakan aplikasi Tiktok. Penelitian ini memodifikasi dan menggunakan instrumen dari teori-teori yang berkaitan dengan variabel penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara intensitas penggunaan media sosial Tiktok terhadap prokrastinasi akademik pada mahasiswa sebesar 37,5%. dengan signifikansi sebesar 0.000 (Sig ≤ 0,05). Penelitian ini menyimpulkan bahwa prokrastinasi akademik pada mahasiswa dapat meningkat melalui tingginya intensitas penggunaan media sosial Tiktok. Hal ini dikarenakan penggunaan media sosial Tiktok yang berlebihan dapat mengalihkan fokus mahasiswa sehingga menyebabkan terabaikannya aktivitas lain yang menjadi prioritas dan menimbulkanperilaku prokrastinasi akademik atau perilaku menunda dalam hal akademik.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: media sosial Tiktok, Prokrastinasi Akademik
Subjects: 100 - Filsafat dan Psikologi > 150 Psikologi (ilmu jiwa) > 150 Psikologi (ilmu jiwa)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > S1 Psikologi
Depositing User: Unnamed user with email anasghozali@unusia.ac.id
Date Deposited: 07 Aug 2023 08:00
Last Modified: 10 Aug 2023 08:40
URI: https://repository.unusia.ac.id/id/eprint/100

Actions (login required)

View Item
View Item