QOTRUNNADA, QOTRUNNADA (2022) KONSUMERISME DALAM FENOMENA TREN BRAND FASHION MUSLIMAH (Studi Konsumerisme Terhadap Brand Fashion Muslimah Kazami di Kalangan Perempuan Kota Jakarta). Diploma thesis, UNUSIA.
![[thumbnail of QOTRUNNADA-18040057.pdf]](https://repository.unusia.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
QOTRUNNADA-18040057.pdf
Download (2MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk melihat budaya konsumerisme yang terjadi di tengah-tengah fashion muslimah yang kini telah menjadi sebuah tren. Dunia fashion khususnya fashion muslimah sudah semakin berkembang. Hal tersebut dapat dilihat dari hadirnya beraneka ragam model pakaian muslimah dari berbagai macam brand yang dapat kita temui saat ini. Para agen industri pakaian seperti para desainer dan selebriti atau influencer pun berlomba-lomba mewujudkan pakaian muslimah yang dapat menarik minat para konsumen, sehingga saat ini dapat kita lihat brand-brand fashion muslimah yang bertebaran. Kazami merupakan salah satu brand milik seorang influencer bernama Kayla Nadira yang berhasil menjadi sebuah brand fashion muslimah dengan peminat yang cukup tinggi. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Dengan teknik pengambilan data yaitu wawancara, observasi, dan juga dokumentasi. Serta teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori konsumerisme Jean Baudrillard. Hasil penelitian menunjukkan bahwa adanya pola perilaku konsumtif dalam fenomena fashion muslimah yang saat ini telah menjadi sebuah tren. Hal ini dapat dilihat dari para konsumen yang melakukan pembelian bukan karena fungsi utama dari pakaian muslimah itu sendiri, melainkan karena tertarik dengan nilai visual atau nilai tampilan yang diberikan oleh produk yang ditawarkan melalui pasar online tersebut.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Additional Information: | Pembimbing: Moh. Faiz Maulana, M.Si |
Uncontrolled Keywords: | fashion, fashion muslimah, konsumerisme, brand kazami |
Subjects: | 300 – Ilmu Sosial > 300 Ilmu sosial > 300 Ilmu sosial |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial > S1 Sosiologi |
Depositing User: | Unnamed user with email anasghozali@unusia.ac.id |
Date Deposited: | 16 Jan 2025 03:17 |
Last Modified: | 16 Jan 2025 03:17 |
URI: | https://repository.unusia.ac.id/id/eprint/675 |