Meningkatkan Nilai-Nilai Religius Terhadap Anak Usia Sekolah Dasar Dengan Menerapkan Pengajian Qur’an Rutinan Di Desa Jampang

  • Redja Assegaf Universitas Nahdlatul Ulama Indonesia

Abstract

Penelitian ini Dalam Program mengabdi kemasyrakatan mengaji rutinan di desa jampang Merupakan agenda salah satu program yang di terapkan untuk membiasakan mengaji iqro dan membaca Al-Quran. Namun di samping itu ada nilai-nilai karakter tersendiri. Melalui program tersebut, tujuan penelitian mengetahui nilai-nilai pendidikan terkandung dalam ngaji rutinan di desa jampang. Penelitian  dan  Metode ini menggunakan pendekatan wawancara dan dokumentasi.

Nilai Religius di tunjukan berdoa sebelum dan setelah kegiatan mengaji Kreatif hafalan surat pendek adanya punya masing-masing dalam menghafal yakni pengajaran ngaji untuk anak-anak usia dini di tempat balai peneliti samping rumah pak Rw yang dijadikan sebagai salah satu tmpat pengajian quran bagi anak-anak di kawasan rt 03 dan rw 01,  Kampung Jampang Masjid, Desa Jampang, Kecamatan Gunung Sindur, Kabupaten Bogor. pengajian tersebut dilaksanakan setiap selesai sholat magrib dimulainya dan berakhir sampai waktu sholat isya, pada hari kerja atau pada hari senin-sabtu. Jumlah anak-anak dalam pengajian tersebut cukup banyak sekitar 20-35  anak.

Kata Kunci: nilai-nilai religius, etika, anak, pendidikan islam.

Author Biography

Redja Assegaf, Universitas Nahdlatul Ulama Indonesia

Bissmilahh Tawakkaltu

Published
2022-12-31
How to Cite
Assegaf, R. (2022, December 31). Meningkatkan Nilai-Nilai Religius Terhadap Anak Usia Sekolah Dasar Dengan Menerapkan Pengajian Qur’an Rutinan Di Desa Jampang. PRAXIS: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(2), 95-102. https://doi.org/https://doi.org/10.47776/praxis.v1i2.529
Section
Articles